ads ads ads ads ads ads ads

10 Peninggalan Masa Lalu yang Layak Dikunjungi

Detail Berita
Palmyra (foto: syrisch-essen.de)
BERWISATA tak melulu harus tempat yang indah. Tempat yang menyimpan catatan sejarah juga bisa menjadi lokasi wisata yang menyenangkan, sekaligus mendebarkan.

Berikut sepuluh tempat yang patut anda sambangi:

Palmyra, Suriah
Ini adalah kota kuno yang pada masa lalu merupakan kota penting, letaknya di Suriah tengah. Kota ini berada di daerah Oasis, 215 km sebelah timur laut Damaskus, atau 120 km sebelah barat daya Euphrates. Untuk mencapainya para pelancong harus menyeberangi gurun naik unta.

Borobudur, Magelang, IndonesiaCandi Borobudur dibangun pada abad ke-9 oleh Mahayana Buddhist Monumen, letaknya dii Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Monumen terdiri dari enam panggung segi empat diungguli oleh tiga panggung bundar. Memiliki sekitar 504 patung Buddha patung. Kubah utama berada di puncak tertinggi, dikelilingi 72 Buddha patung yang berada dalam lubang stupa.

Teotihuacan,Baskom, Meksiko..Adalah tempat favorit para arkeolog karena keunikannya. Beberapa berbentuk piramida. Selain struktur yang berbentuk piramidal, Teotihuacan juga diketahui untuk kompleks kediaman besarnya, "Jalan Raya yang Mati yang" apa" yang dinamakan, dan banyak colorful, lukisan dinding terpelihara.

Göreme, Cappadocia, TurkiKota dalam bukit batu ini sering disebut 'cerobong asap peri' karena bentuknya yang unik. Kota ini merupakan salah satu situs bersejarah dari Turki. Letaknya di daerah Cappadocia, provinsi Nev?ehir, di pusat Anatolia. Göreme National Park (Göreme Milli Parklar di bahasa Turki) juga masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO 1985.

Khara-Khoto di MongoliaKhara-Khoto adalah kota yang dibangun pada abad pertengahan di Ejin khoshuu Alxa League, Mongolia. Letaknya di dekat danau Gashun. Kota ini dulunya dikenal sebagai Etzina, yang ditemukan dalam perjalanan Marco Polo.

Wat Phu, Laos.Ini merupakan kuil tertua di Laos. Arti nama kuil tersebut adalah 'sebuah tempat perlindungan di atas bukit'. Diperkirakan kuil ini telah berusia 1000 tahun. Sejak 2001, kompleks kuil ini telah masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Tikal, Guatemala.Kota Maya kuno ini didirikan pada awal abad 800 SM.Ada banyak sisa bangunan di sana yang bisa dinikmati wisatawan.

Volubilis, Maroko.Reruntuhan kota kuno Kekaisaran Romawi sepertinya hampir ada di setiap negara di Eropa. Kolom yang sama, memandang langit, sebuah gerbang kemenangan dan saluran air. Tapi ada dua perbedaan yang signifikan. Pertama, di sini sepi, bahkan saat musim tiba, hanya dua lusin turis per hari. Dan kedua, rarsitektur Romawi kuno memberikan rasa yang sama sekali berbeda.

Bagan, Myanmar (Burma)Tak diragukan lagi, situs ini terabaikan dunia karena terjadinya pergolakan politik di negara itu.Bahkan banyak negara sampai sekarang masih belum bersedia menerima nama baru dari negara - Myanmar, yang muncul setelah terjadi kudeta militer. Lebih parah lagi, sejumlah negara menolak menyertakan situs tersebut dalam daftar Warisan Dunia versi UNESCO karena alasan politik.

Padahal situs ini begitu indah dan sebenarnya layak masuk daftar. Di sana bukan hanya ada pagoda besar yang indah tapi juga gua-gua yang pemandangan di dalamnya sungguh menakjubkan. Warga yang berdiam di goa-goa itu telah membangun pagoda dan patung-patung tapi juga melukis dinding goa dengan cara memahatnya. Ini tempat patut dikukunjung dan tidak cukup waktu sehari untuk melihat semuanya, menyusuri lorong-lorong goa dan menyaksikan seni budaya lokal pada dinding.

Tiwanaku, Bolivia, Amerika SelatanReruntuhan kota kuno berada di dataran tinggi dekat jantung Amerika Selatan. Persisnya berada di ketinggian 4000 meter di atas permukaan laut. Para ilmuwan memperkirakan bangunan itu didirikan. Namun pendapat ini masih kontroversi karena sebagian berpendapat situs ini telah ada pada 100-300 tahun sebelum masehi.
Situs ini merupakan peninggalan bangsa Inca. Arkeolog pertama menemukan Tiwanaku pada abad XIX. Studi lebih mendalam tentang situs ini belum dilakukan. Para ilmuwan sejauh ini belum bisa menjelaskan misteri kota kuno itu, dan apa yang menyebabkan ditinggalkan penghuninya.
(uky) [travel.okezone.com]

lintasberita
{ 0 comments... Jangan lupa klik tombol suka dibawah ini and add one }

Post a Comment