ads ads ads ads ads ads ads

Yuk, Jelajah Wisata Alam Menarik di Sulut

Headline
Foto : Istimewa

Jika mendengar kata Sulawasi Utara, tak bisa dipungkiri bahwa ingatkan kita langsung tertuju pada objek wisata Bunaken. Meski begitu, provinsi yang ber ibukota Manado itu masih memiliki banyak wisata alam yang pastinya bisa membuat Anda ingin kembali.

Petualangan pertama bisa dimulai dari Danau Linow di Desa Lahendong. Air di danau ini bisa berubah warna dari merah menjadi hijau atau biru. Selanjutnya ada Danau Tondano yang berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Danau ini adalah danau kawah besar. Dari tempat ini Anda dapat melihat kegiatan nelayan atau bermain waterski di Remboken.

Daerah wisata lain yang berada dekat dari Danau Tondano adalah Desa Pulutan yang menawarkan kerajinan gerabah dan keramik. Bisa juga mengunjungi rumah-rumah tradisional di Paleloan.

Jika Anda ingin melihat tarsius (monyet terkecil di dunia) di habitatnya, maka treking melalui Taman Nasional Tangkoko-Batuangus adalah jawabannya. Taman ini terletak di utara Pelabuhan Bitung di kaki Gunung Dua Saudara. Daerah itu juga menawarkan pemandangan bukit dan lembah yang mengesankan.

Tangkoko juga merupakan rumah bagi kera hitam, burung maleo dan burung enggang. Ini menjadikannnya tempat yang ideal mengamati burung. Mengenai akses menuju taman nasional, Anda tidak perlu membayangkan jalan yang kondisinya buruk karena jalanannya sudah diaspal sehingga perjalanan dengan mobil atau van akan lebih mudah. Di sekitar taman nasional juga tersedia cottage dan restoran kecil.

Bila Anda lebih suka mendaki, Gunung Mahawu tampaknya patut dicoba. Pendakian di gunung ini akan memakan waktu sekitar satu jam. Sambil berjalan, Anda akan disuguhkan panorama spektakuler Teluk Manado, Gunung Klabat, Gunung Lokon, Gunung Soputan, dan Laut Maluku.

Kegiatan mendaki juga bisa dilakukan di gunung berapi Lokon yang masih aktif. Pendakian yang akan memakan waktu sekitar dua jam ini lebih sulit karena jalurnya berbatu dan licin. Pada perjalanan pulang jangan lupa mandi di pemandian air panas di Ranopaso.

Tujuan selanjutnya yang harus didatangi adalah dataran tinggi Minahasa yang menawarkan pemandangan indah dan kegiatan arum jeram. Di sana, Anda akan menemukan beberapa operator petualangan yang menawarkan arung jeram di sepanjang sungai yang berbeda.

Sungai terdekat di Manado adalah sungai Sawangan di Desa Timbular (melewati kota bunga Tomohon), 27 kilometer dari Manado. Sungai lainnya adalah Nimanga dan Ranoyapo.

Masih di sekitar Minahasa, tepatnya di Desa Sawangan yeng berada di dataran tinggi, Anda bisa melihat sarkofagus (peti batu) warisan megalitik. Di sini terdapat 144 kuburan batu kuno yang berasal dari abad ke-16.

Jika masih ingin merasakan hawa sejuk, Anda bisa mengunjungi Tomohon, kota bunga tempat Tomohon Flower Festival berlangsung tiap tahun. Tomohon adalah resor pegunungan yang sejuk. Tempat menarik didekatnya adalah Bukit Kasih, tempat ibadah dan meditasi bagi umat Katolik, Kristen, dan lainya. Masih di Tomohon, jangan lupa luangkan waktu untuk mengunjungi pasar.

Berbagai kegiatan wisata alam di Sulawesi Utara nampaknya bisa menjadi pengalaman yang menarik dan mengesankan. Jadi, Anda tinggal merencanakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke daerah ini.

sumber

lintasberita
{ 0 comments... Jangan lupa klik tombol suka dibawah ini and add one }

Post a Comment