ads ads ads ads ads ads ads

Menikmati Pesona Eksotis Taman Tirta Gangga Bali

Headline
Foto: Istimewa


Taman Tirta Gangga merupakan satu komplek pertamanan yang amat indah. Keberadaannya memberikan refleksi mengenai satu pola budaya keraton dan budaya masyarakat.

Taman Tirta Gangga terletak di tepi jalan raya jurusan Amlapura. Obyek wisata Taman Tirta Gangga termasuk wilayah Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.

Lokasi obyek ini meliputi satu area taman seluas 1,8 hektare terdiri dari tiga dataran yang menjurus dari barat ke timur di tengah-tengah hamparan sawah yang amat sangat luas. Obyek wisata Taman Tirta Gangga berada pada satu jaringan obyek yang berdekatan dengan Puri Karangasem Bali.

Dalam komplek Taman Tirta Gangga terdapat tempat suci, mata air, bangunan pelindung mata air, menara air, aneka ragam bentuk kolam besar dan kecil, pancoran, pemeliharaan ikan hias, aneka tanaman dan bunga-bungaan.

Secara keseluruhan komplek taman ini menyajikan satu daya tarik dan keindahan tersendiri yang terwujud sebagai suatu keharmonisan hubungan manusia, alam, budaya yang dijiwai oleh keagamaan.

Taman Tirta Gangga sebagai obyek wisata alam merupakan warisan taman dan arsitektur almarhum Raja Karangasem yang terakhir, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem (dahulu bernama I Gusti Bagus Djelantik) kepada kesepuluh putra lelaki beliau yang dijadikan milik bersama (druwe tengah). Kemudian sejak 1981 pengelolaannya diserahkan kepada Dr Anak Agung Made Djelantik.

Di sekitar obyek wisata Taman Tirta Gangga telah tersedia berbagai fasilitas bagi para pengunjung dan wisatawan seperti tempat parkir, penginapan, restoran, dan berbagai warung kecil. Di dalam komplek taman tersedia kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. [gayahidup.inilah.com]

lintasberita
{ 0 comments... Jangan lupa klik tombol suka dibawah ini and add one }

Post a Comment